1 Sep 2016

ESAI : Masalah, Solusi, dan Potensi Desa Cibeusi

Desa Cibeusi adalah salah satu desa di kecamatan Jatinangor yang terbilang maju, dimana sudah terdapat kos – kosan, bank, koperasi, hotel, industri rumah tangga dan lain sebagainya. Dengan kondisi tersebut, timbul  permasalahan  di lingkungan sekitar masyarakat. Apa sajakah permasalahan yang dihadapi oleh warga desa Cibeusi?
Salah satu permasalahan yang terjadi adalah masyarakat yang mayoritas warga asing. Dikarenakan banyak dari masyarakat pribumi migrasi ke kota – kota besar dan mengikuti gaya hidup modern. Contohnya saja lahan di desa Cibeusi yang digunakan dalam bidang pertanian, belum bisa mencukupi kebutuhan hidup sehari –hari dan menyebabkan warganya bekerja lagi sebagai buruh serabutan atau pergi merantau ke kota besar menjadi pegawai di beberapa perusahaan. Hal ini berdampak negatif pada pendidikan dan kesejahteraan keluarga desa Cibeusi. Pendidikan desa yang terus tertinggal jauh dengan pendidikan di kota, juga keluarga miskin semakin merajalela.
Tidak hanya itu, program pembuatan jalan tol yang awalnya dijanjikan pemerintah pada tahun 1987 kabarnya akan dilaksanakan di tahun 2017 mendatang. Hal ini  meresahkan masyarakat desa karena ketidakpastian jadwal pembanguan dan beranggapan dua atau tiga RW akan tergusur akibat pembangunan jalan tol tersebut.
Sampah juga menjadi topik masalah yang menarik. Karena ternyata masih banyak warga yang tidak disiplin dalam menjaga kebersihan lingkungannya. Tapi, banyak juga yang menyalahkan petugas kebersihan karena tidak menjalankan tugas dengan benar. Padahal pemerintah sudah menyediakan banyak tempat untuk pembuangan sampah di desa.
Meski begitu, desa Cibeusi dikenal juga dengan keseniannya, yaitu seni tradisional reag, seni tradisional angklung, dan masih banyak seni tradisional lainnya. Bahkan beberapa warga memiliki kelompok seni dan alat musik masing – masing.
Jadi,  pemerintahan akan berjalan dengan baik apabila masyarakat ikut berperan aktif di dalamnya. Sehingga tidak terjadi kesalahpahaman diantara pemerintah dan masyarakat desa Cibeusi. Untuk meningkatkan taraf hidup, masyarakat desa Cibeusi harus bekerja sama dalam berbagai aspek baik itu aspek pertanian, peternakan maupun industri rumah tangga. Contohnya para peternak bisa mendapatkan pakan hewan dari sisa pertanian dan perkebunan.
Sebagai makhluk sosial, manusia tidak bisa lepas dari peran manusia lainnya. Maka dari itu hubungan antar warga diharapkan masih terus berlangsung dengan dibentuknya paguyuban yang dapat membangun persatuan dan kesatuan di dalam diri setiap masyarakat desa. Contohnya dengan adanya karang taruna yang mencanangkan program – program menarik  membuat anak – anak hingga dewasa bisa bertemu dan berkomunikasi secara langsung.
Sama halnya dengan kesenian di desa Cibeusi, jika karya-karyanya dapat diperlihatkan kepada masyarakat banyak melalui galeri atau membuat sebuah pameran, para pengrajin akan lebih semangat untuk mengembangkan kreatifitasnya.

Masalah sampah akan teratasi dengan melakukan 3R, yaitu Reuse, Reduce, and Recycle. Sampah – sampah dari sisa rumah tangga sebaiknya dipilah menjadi bahan yang mudah terurai dan sulit terurai oleh tanah. Yang mudah terurai, bisa digunakan sebagai bahan untuk pembuatan pupuk kompos, sedangkan yang sulit terurai bisa digunakan kembali menjadi barang berguna bila sudah tersentuh seni dan kreatifitas ataupun dikurangi penggunaannya.

By : 
1.      Abdul Latif Marasabessy - FTG
2.      Anvinan Amyalva - FIB
3.      Asfan Fakrudin Iskandar - FAPERTA
4.      Hari Andrian - FISIP
5.      Irna Nurul Kamila- FPSI
6.      Lita Monica A - FEB
7.      Nadia Nasyia F - FEB
8.      Ray Buana Subandi- FIB
9.      Rifky Taufiq Fardian - FISIP
10.  Shalma Hanifa S - FTIP

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar

.

.
Diberdayakan oleh Blogger.