14 Sep 2016

PENGANTAR MATA KULIAH : KETERAMPILAN BELAJAR DAN LITERASI INFORMASI (KBLI)

Abad 21 merupakan peradaban manusia yang bisa dikatakan sebagai abad modern dan maju. Pekembangan ilmu pengetahuan sangat pesat bergerak secara progresif. Maka tak heran jika kita sebagai pencari ilmu di abad ke-21 ini dituntut untuk mampu mengimbangi perkembangan ilmu pengetahuan itu sendiri.
UNPAD secara perdana tahun ini berinovasi dengan kurikulum barunya yang didalam kurikulum tersebut mengaharuskan mahasiswanya bukan hanya unggal dalam segi prestasi akademik di dalam kelas, namun di luar kelas pun bisa unggul. Untuk bisa mencapai semua itu UNPAD di tahun ini dalam kurikulumnya, ada sebuah mata kuliah umum yang di pelajari oleh semua mahasiswa di berbagai fakultas yaitu mata kuliah “Kreativitas Bahasa dan Literasi Informasi”. Dalam mata kuliah ini juga, bukan hanya mahasiswa saja yang dituntut aktif dan kreatif, namun dosennya pun dituntut untuk bisa menguasai bidang teknologi, bahan ajarnya, dan teknik pembelajarannya. Semua itu harus bisa dipadukan dengan baik demi tercapainya tujuan mata kuliah KBLI ini.
KBLI merupakan sebuah mata kuliah yang bertujuan untuk membekali mahasiswa kemampuan-kemampuan yang sangat penting di abad ke-21 ini, namun selama ini terlupakan oleh beberapa mahasiswa, yaitu :
1.       Life and career skills
Kemampuan dalam kehidupan dan karir merupakan kemampuan yang sangat penting dimiliki oleh seorang mahasiswa. Sebab tujuan dari mahasiswa ini kebanyakan untuk menciptakan generasi yang mampu berkarir yang unggul dan memiliki kehidupan yang lebih baik supaya bisa membantu orang lain yang memiliki kehidupan yang kurang baik menjadi lebih baik.
2.       Learning and Innovation skills
Kemampuan belajar dan inovasi skill juga patut dimiliki oleh seorang mahasiswa, karena tanpa adanya kemampuan itu mahasiswa akan kesulitan dalam mengembangkan pengetahuannya untuk menjadi generasi yang unggul. Dan dengan kemampuan inovasi yang baik mahasiswa itu diharapkan mampu berinovasi merubah keadaan dirinya sendiri ataupun masyarakat disekitarnya menjadi lebih maju.
3.       Information media and technology skills
Di era globaliasasi ini, informasi sangat cepat tersebar luas karena adanya teknologi yang maju. Untuk bisa menjadi generasi yang unggul di era seperti ini maka tak heran jika mahasiswa dituntut untuk bisa menguasai bidang teknologi agar bisa mengimbangi penyebaran informasi yang sangat cepat itu.

Matkul KBLI menuntut mahasiswa untuk lebih menonjolkan kemampuuannya dalam berbicara, berdiskusi dan aktif di kelasnya itu. Sebab dalam berlangsungnya pembelajaran mata Kuliah KBLI ini mencakup tiga domain pembelajaran :
1.       Kognitif :
Diskusi, tanya jawab, role play
2.       Afektif
Diskusi, role play, presentasi
3.       Psikomotorik
Demonstrasi, praktik, proyek
Setelah mempelajari mata kuliah KBLI mahasiswa baru diharapkan mampu menguasai beberapa bidang berikut ini :
1.       Etika akademik
Bidang ini meliputi menulis dan meneliti. Kemampuan dalam bidang ini sangat diperlukan sekali oleh seorang mahasiswa, sebab seorang mahasiswa pasti sering sekali berkecimpung dalam dunia menulis dan meneliti baik itu dalam proses pembelajaran sehari-harinya ataupun ketika mahasiswa itu menyusun sebuah skripsi atau makalah. Tanpa mempunyai kemampuan ini mahasiswa akan sulit mengikuti proses pembelajaran di kampusnya dan akan sulit berkembang
2.       Mengatur waktu
Mahasiswa baru kemampuan dalam mengatur waktu merupakan sebuah permasalahan yang sering mereka alami. Padahal kemampuan mengatur waktu merupakan sebuah faktor besar penentuan keberhasilan seseorang. Untuk itu tuntut agar bisa mengatur waktunya dengan baik baik itu dalam bidang akademik ataupun non akademik.
3.       Belajar efektif
Maksud dari belajar efektif disini adalah mahasiswa diharapkan mampu belajar dengan baik dengan menguasai teknik belajar dan metode mencatat. Sebab ketika mahasiswa bisa menguasai kemampuan itu, ketika belajar mereka akan cepat menangkap dan mendapatkan apa yang mereka pelajarinya itu dengan baik.
4.       Membaca akademik
Kemampuan dalam membaca juga merupakan kemampuan yang sangat penting. Sebab mahasiswa dituntut untuk mempunyai pengetahuan yang luas dan untuk bisa seperti itu kemampuan dalam membaca akademik ini sangat dibutuhkan untuk seorang mahasiswa, baik itu membaca buku ataupun artikel jurnal 
5.       Membuat makalah
Setelah menguasai kemampuan membaca, menulis dan menganalisis dengan baik, mahasiswapun diharapkan mampu membuat makalah dengan baik karena kegiatan ini akan sering terjadi pada dunia kampus
6.       Akses dan manejemen informasi
Untuk bisa menjadi mahasiswa yang luas pengetahuannya, kini sudah tidak susah lagi. Dengan menguasai internet dan banyak mengunjugi perpustakaan pun kini kita sudah bisa mendapatkan akses informasi dengan banyak
7.       Presentasi
Selain menguasai materi perkuliahan secara tulisan ataupun pemahaman, mahasiswa juga harus mampu mepresentasikannya ke orang lain dari mulai membuat slide sampai cara menyampaikannya kepada orang lain
8.       Ujian

Setalah semua kemampuan diatas terkuasai dengan baik, ketika ujian mahasiswa akan mampu menjalani ujian dengan baik pula.

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar

.

.
Diberdayakan oleh Blogger.